SAATNYA WASPADA

Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia adalah surga bagi penduduknya, terbentangnya laut diantara pulau-pulau, pegunungan yang indah. Tahukah anda bahwa dari yang kita nikmati dan tempati ini rawan akan bencana? Diantaranya bencana alam yaitu longsor, banjir, gempa bumi, gunung meletus, tsunami dan lain-lain. Apa yang harus kita lakukan untuk antisipasi gempa?
Ada beberapa tip sebelum, sesaat dan sesudah gempa bumi yang harus kita lakukan diantaranya adalah :
Sebelum gempa bumi
1. Cek dan pastikan struktur dan letak rumah anda terhindar dari bahaya gempa, longsor atau likuefaksi. Dan evaluasi serta renovasi ulang struktur bangunan anda agar terhindar bahaya gempa bumi.
2. Pahami dan cek kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung.
3. Usahakan belajar melakukan P3K dan pahami alat pemadam kebakaran.
4. Ingat dan catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi.
5. Tempatkan dan Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi.
6. Tempatkan dan menata benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi.
7. Tempatkan dan Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.
8. Ingat mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.
9. Tempatkan yang mudah terjangkau dan harus ada di setiap saat yaitu: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.
Saat terjadi gempa bumi
1. Apabila sedang mengendarai motor atau mobil: matikan keluar, turun dan menjauh dari motor atau mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran.
2. Saat berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.
3. Apabila berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.
4. Apabila tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.
5. Apabila tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.
Setelah Terjadi Gempa Bumi:
1. Apabila di dalam bangunan: keluar dari bangunan tersebut dengan tertib; jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa;periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K; telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda.
2. Periksa lingkungan sekitar: apabila terjadi kebakaran, kebocoran gas, hubungan arus pendek listrik. Periksa aliranlistrik, pipa air dan hal-hal yang membahayakan.
3. Tidak memasuki bangunan yang sudah terkena gempa, karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan.
4. Tidak berjalan di daerah sekitar gempa, kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada.
5. Mendengarkan informasi mengenai gempabumi dari radio (apabila terjadi gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya.
6. Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi.
7. Tidak panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Allah SWT demi keamanan dan keselamatan kita semuanya.
Semoga dengan pemahaman tentang hal tersebut kewaspadaan akan bencana alam terjaga dan menjadikan pelajaran bagi kita untuk selalu mengenal, menjaga dan menyayangi alam sekitar kita. Semoga bahagia