OUTDOOR LEADERSHIP KARAKTER BUILDING RS PKU MUHAMMADIYAH CEPU (3) akhir

Sholat Lail dan subuh berjamaah dilanjutkan kultum oleh Wa.dir. dr. Irianto tentang “Hikmah Istighfar” bahwa dalam kondisi apapun yang kita hadapi perbanyaklah Istighfar. Udara Tawangmangu yang sejuk  dengan terik sinar matahari pagi yang hangat dan dentuman suara musik senam yang rancak menambah semangat peserta training mengikuti gaya gerak instruktur senam yang terlatih. Setelah sarapan pagi  peserta siap mengikuti games berikutnya yaitu games 5 Efektive Comunication –Sinergitas Team dan games 6 Problem Solving.

Game ini memberikan gambaran bahwa Fondasi tim ini memerlukan kesadaran, niat tulus, keikhlasan hati untuk saling membantu, komunikasi dan interaksi yang dari pikiran positif, motivasi dan gairah untuk berhasil, tujuan yang disepakati bersama, perilaku kreatif untuk menemukan solusi terbaik, memahami kekuatan dan keunikan individu, sedang bermental pemenang dan tidak pernah menyerah saat menghadapi situasi atau peristiwa sulit.

Tim adalah kumpulan para pejuang yang selalu sadar untuk menggunakan keahlian setiap orang dalam mencapai kemenangan. Setiap individu sadar bahwa mereka hanya bisa melakukan sedikit saja, sehingga diperlukan bantuan dan pertolongan dari banyak orang untuk bisa memenangkan tujuan. Setiap individu di dalam tim  selalu belajar untuk saling mengenal satu sama lain. Semua yang dimulai sebagai kesepakatan ekonomi atau bisnis, sekarang di dalam tim  berubah menjadi pengabdian yang taat dari hati yang tulus dan penuh tanggung jawab. Di setiap tahap, tim  fokus untuk membawa setiap individu bersamanya. Setiap individu memberikan pelayanan sepenuh hati dan kualitas kerja yang produktif dengan kinerja terbaik.

Tim yang baik memiliki kesadaran yang tinggi untuk menjalin hubungan kerja yang profesional dengan setiap anggota tim. Ketika sebuah tim terjalin dengan baik dan profesional, maka setiap hambatan bisa diatasi atau dikelola dengan cepat. Sebaliknya, tim yang terus-menerus berselisih di dalam konflik, hanya sedang menjatuhkan diri mereka masing-masing sambil merusak produktivitas dan kinerja. Dalam sebuah tim yang hebat tidak ada perilaku yang saling meremehkan, tetapi hanya ada perilaku yang saling menguatkan. Bila perilaku saling meremehkan mendominasi energi tim sukses, maka para lawan atau pesaing akan tertawa gembira karena kemenangan mereka sudah semakin nyata.

Isu negatif adalah hasil dari pemikiran negatif yang muncul di dalam tim. Tim  tidak boleh terprovokasi oleh isu negatif. Isu negatif akan memulai perselisihan  yang memanas dan saling merendahkan. Perilaku yang fokus pada kelemahan dan kekurangan diantara anggota tim  akan memancing reaksi negatif dan sikap bermusuhan satu sama lain. Bila energi negatif menguasai hati dan pikiran anggota tim, maka pemikiran balas dendam akan mendominasi sehingga permusuhan di dalam selimut tidak dapat dihindari. Jadi, ketika isu negatif muncul di dalam tim, segeralah imbangi isu tersebut dengan sikap dan cara berpikir positif. Tumbuhkan prinsip dan nilai-nilai positif untuk menangkal setiap isu negatif di dalam tim. Hadapi isu negatif dengan tenang, sabar, serta selalu menjaga ucapan dan kata-kata positif. Jangan menanggapi isu negatif dengan serius atau berkhayal tentang hal-hal negatif. Anda tidak perlu berimajinasi atau membangun perasaan-perasaan negatif untuk menghadapi isu negatif. Jangan pernah terprovokasi, tetaplah tenang dan sabar, lalu fokus untuk menyelesaikan semua rintangan dan tantangan dengan sikap baik yang rendah hati. Mengembangkan sikap positif dan menciptakan budaya kerja yang fokus pada pencapaian terbaik. Untuk itu, setiap divisi harus dibukakan hati dan pikirannya agar mereka sadar tentang keberadaan mereka di tempat kerja. Semangat untuk selalu bekerja sama, melayani, berkontribusi, dan menyumbangkan ide-ide atau solusi yang tepat, haruslah menjadi perilaku kerja sehari-hari. Kebersamaan di dalam perbedaan fungsi kerja harus dijaga demi menciptakan budaya kerja yang unggul. Kesadaran untuk mengembangkan sikap rendah hati dan ikhlas melayani hal ini menjadi sesuatu yang penting.

Kunci semua kegiatan ini adalah “keikhlasan pasti sukses” alhamdulillah Semua kegiatan terlaksana dengan baik dan lancar alhamdulillah. Acara Penutup,  Direktur  RS PKU Muhammadiyah Cepu menyampaikan “ harapan management setelah adanya kegiatan ini, ada perubahan semangat kerja, menyambut akreditasi lebih bersemangat, terbentuk tim yang tangguh sesuai profesi, peran & fungsinya terhadap pimpinan  dan sebagai karyawan tetap melaksanakan filosofi perusahaan untuk mencapai sukses, yaitu kejujuran, ulet, tekun dan diiringi dengan do’a. rhn