MERAIH KETAQWAAN DI BULAN RAMADHAN SAAT PANDEMI COVID 19

Ramadhan ini sangatlah istimewa karena wabah pandemi covid 19 yang belum berakhir. Kita sedang diuji dengan kesabaran yang tanpa batas dari kehidupan harian yang biasa menjadi luar biasa. Diantaranya belum pernah memakai masker diharuskan memakai masker, belum terbiasa mencuci tangan diharuskan sering mencuci tangan,  terbiasa rutinitas keluar rumah diharuskan berada dirumah dan disarankan tidak keluar rumah dengan bekerja  dan belajar di rumah juga yang terbiasa dengan aktifitas di keramaianpun kita dianjurkan untuk membatasi atau tidak sama sekali. Hal inilah permasalahan muncul di dalam diri kita, rasa bosan, rasa jenuh dan stres berkepanjangan karena semua aktifitas terhenti. Di saat inilah bulan Ramadhan hadir mungkin ini pertanda pertolongan Allah SWT, kesempatan ini jangankita sia-siakan semua do’a dikabulkan semua amalan diterima oleh Allah SWT. Bulan Ramadhan ini kesempatan kita menambah amalan – amalan yang tertunda karena bulan Ramadhan tahun  sebelumnya mungkin terlupakan dengan kesibukan rutinitas sehari hari sehingga ibadah untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT belum terlaksana atau belum  sempurna. Maka terima dan ambillah kesempatan yang menggiurkan ini  dalam meraih ketaqwaan kepada Allah SWT karena untuk menjadi orang yang selalu beruntung adalah dengan ketaqwaan. Apa saja yang perlu di persiapkan dalam meraih ketakwaan di bulan Ramadhan yaitu:

  1. Fisik kita dengan memastikan kondisi tubuh sehat. Karena orang yang sehat dianjurkan untuk melaksanakan puasa dan apabila kondisi tubuh sakit dianjurkan konsultasi ke dokter.
  2. Dengan menjaga makan dan minum yang sehat dan bergizi seimbang sesuai dengan porsi piring dan gelasku.
  3. Olahraga dengan aktivitas rumah tangga dan senam ringan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.
  4. Istirahat yang cukup sesuai kesehatan tubuh.
  5. Menghindari stres dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid – 19
  6. Menjaga kebersihan melalui rajin mencuci tangan dengan sabun
  7. Menjaga jarak
  8. Menghindari kerumunan dan memakai masker jika keluar rumah.

Persiapan fisik inilah yang diperlukan selama menjalani puasa di musim pandemi covid ini, hikmah dari  ibadah puasa   diantaranya adalah :

  1. Upaya mencapai derajat taqwa
  2. Melatih kesabaran
  3. Meninggalkan kesenangan dunia
  4. Selalu berusaha untuk lebih baik
  5. Merasakan penderitaan terhadap orang yang kurang beruntung

Hal inilah semangat kita dalam mendekatkan diri  dalam meraih ketaqwaan kepada Allah SWT,selain hubungan dengan Allah SWT  yang  kita dapatkan,  hubungan terhadap sesamapun juga kita dapatkan dengan kasih yang kita berikan. Semoga pademi Covid – 19 segera berakhir dan umat yang menjalankan ibadah puasa selalu diberikan kesehatan dan keselamatan.  aamiin