Cuci Tangan Pakai Sabun Budaya Kita Indonesia Sehat

Kesehatan pulih ekonomi bangkit memberikan harapan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kesalamatan diri. Dari hal yang paling remeh yaitu cuci tangan dimanapun dan dalam keadaan apapun. Karena mungkin dari awal penyebaran penyakit bermula dari tangan dirikita sendiri, maupun dari tangan orang lain yang tanpa kita sengaja menyentuh ataupun tersentuh.

Membiasakan cuci tangan setiap waktu bukanlah hal mudah perlu langkah-langkah, kebiasaan, dan ingatan yang sudah terdidik sejak dini atau terbiasakan untuk menjaga kesehatan diri, kepentingan diri sendiri. Bukan karena ego tapi sebuah kewajiban bahwa kita sangat perlu dan butuh untuk hidup sehat. Bila penerapan cuci tangan sudah menjadi mindset sehari-hari, sangat memungkinkan kesehatan terjaga dan hidup kita akan semakin bahagia.

Sejak jaman dahulu, cuci tangan menggunakan air sudah menjadi adab dalam menyantap makanan di Indonesia. Zaman Rasulullah Salallahu alaihi wassalam mencuci tangan dan makan dengan tangan kanan merupakan sebagian akhlak yang baik.  Ma Huan seorang penerjemah pada ekspedisi Laksamana Cheng Ho tahun 1412 mencatat bahwa penduduk Majapahit selalu membersihkan mulut dan mencuci tangannya sebelum menyantap sekepal nasi dalam gerabah. Budaya Kuliner di Indonesia Masa Kolonial 1870-1942  menyebutkan para bumiputera sebelum menyajikan makanannya dengan alas daun pisang, terbiasa untuk mencuci tangan kanannya dengan air sehingga nasi yang dikepal tidak lengket. Hal ini terjadi karena dalam Budaya Indonesia, sejatinya tidak mengenal sumpit maupun sendok sebagai alat makan. Mereka terbiasa menggunakan tangan kanan sebagai alat alami penyuap makanan. Pemilihan tangan kanan pun juga tidak sembarangan, tangan kanan selalu disimbolkan sebagai lambang kebaikan dan menjadi norma kesopanan tersendiri bagi Masyarakat Indonesia.

Setiap tanggal 15 Oktober sebagai Hari cuci Tangan pakai sabun Sedunia (HCTPSS) dengan tema “Masa Depan kita di tangan Kita- Mari Beraksi untuk Membuat CTPS Nyata bagi semua”. Selamat Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia. Semoga sehat dan bahagia