LAYANAN UNGGULAN

1. HEMODIALISA

Pelayanan Hemodialisa (Cuci Darah) di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Cepu, merupakan layanan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat/paseien. Karena selama ini pasien yang periksa untuk cuci darah harus melakukan pemeriksaan di luar kota.  Dr. Achmad Budhy Karyono, M.MKes sebagai Direktur Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Cepu dalam Launching Hemodialisa, Sabtu (16/2/2019) mengatakan, rumah sakit  ini akan melayani pasien cuci darah dengan menggunakan layanan umum dan juga bisa menggunakan vasilitas BPJS. Setelah beberapa persyaratan yang kita penuhi dan menjadi “Layanan Unggulan” dirumah sakit. Layanan  Hemodialisa dibuka pada :

Hari : Senin – Sabtu ( Tanggal Merah Libur )
Jam : 08.00 – 17.00 WIB
Dokter Penanggungjawab : dr. Rusnandar, Sp.PD
Dokter Pelaksana : dr. Ike Indrayani

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Cepu saat ini terus berusaha melengkapi peralatan medis untuk pelayanan terhadap pasien khususnya pasien cuci darah.

Sementara Suhariyanto, SKM, MM sebagai kabid. Kesehatan  Masyarakat mewakli Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora saat Launching Hemodialisa di Rumah Sakit memberi apresiasi kepada manajemen yang sudah mempersiapkan semua persyaratan operasional Hemodialisa, baik dokter ahli, dokter umum dan perawat terlatih. Dan menyampaikan ucapan terima kasih  telah membantu terwujudnya Indonesia Sehat. Dan apalagi sudah mendapat rekomendasi dari DR. Dr. Lestariningsih, Sp. PD, KGH selaku Ketua PERNEFRI Jawa Tengah.

Menurut DR. Dr. Lestariningsih, Sp.PD, KGH, PERNEFRI merupakan badan organik IDI dan bersifat otonomi, serta merupakan organisasi kedokteran yang menghimpun para dokter spesialis khususnya di bidang Nefrologi dan Hipertensi.

“Sebab Hemodialisis dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dan memperpanjang usia. Selain faktor mesin juga kesiapan tenaga kesehatan di unit dialisis untuk mengatasi komplikasi, kesiapan pasien secara psikologis dan dukungan keluarga berperan penting dalam keberhasilan hemodialisis”.

Setelah launching dan terbitnya surat  No : 283/VI-11/2019 pada tanggal 26 Februari 2019  “ Tentang pelayanan Hemodialisa di RS PKU Muhmmadiyah Cepu termasuk dalam kategori DIREKOMENDASIKAN oleh BPJS sehingga mulai bulan Maret 2019 layanan Hemodialisa di RS PKU Muhammadiyah Cepu bisa menggunakan fasilitas BPJS sesuai ketentuan berlaku”.

2. PELAYANAN ORTHOPEDI

Pelanyanan orthopedi merupakan pelanyanan yang satu-satunya yang ada di Kabupaten Blora, sehingga sebagai rujukan dari pukesmas-pukesmas yang ada di kabupaten Blora. Pemeriksaan Orthopedi di rumah sakit juga melanyani pasien umum dan BPJS, serta didukung oleh peralatan yang memadai berupa CT-Scan dan X-ray (Rontgen) yang canggih.

3. PELAYANAN PEMERIKSAAN CT-SCAN

CT Scan ( Computed Tomography Scanner ) adalah suatu prosedur yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari berbagai sudut kecil dari tulang tengkorak dan otak. CT-Scan merupakan alat penunjang diagnosa yang mempunyai aplikasi yang universal utk pemeriksaan seluruh organ tubuh, seperti sususan saraf pusat, otot tulang, tenggorokan, dan rongga perut.

Pemeriksaan ini dimaksudkan untuk memperjelas adanya dugaan yang kuat antara suatu kelainan, yaitu :

  • Gambaran lesi dari tumor, hematoma dan abses.
  • Perubahan vaskuler : malformasi, naik turunnya vaskularisasi dan infark.
  • Brain contusion.
  • Brain atrofi.
  • Hydrocephalus.
  • Inflamasi.